Makan Semangka Berlebihan? Ini Bahaya yang Mengincar!


Semangka adalah buah yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak kandungan air. Buah semangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun ada kondisi dimana, makan semangka berlebihan ternyata memicu bahaya bagi kesehatan seseorang.

Memakan buah-buahan yang mengandung air pasti membuat anda merasa segar dan tidak kehausan. Tapi tunggu dulu, jika anda tidak mengikuti aturan makan semangka memicu kerugian bahkan bisa mengakibatkan Anda terserang penyakit berbahaya. Simak berikut ini beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat makan semangka.

Menyebabkan Diare

Semangka tidak hanya memiliki kandungan air yang cukup banyak tapi juga mengandung serat. Makan semangka berlebihan justru bisa memicu seseorang terkena gangguan pencernaan seperti diare dan juga perut kembung. Belum lagi kandungan gula yang cukup tinggi pada makanan ini juga bisa berpengaruh pada naiknya gas dalam perut seseorang.

Keracunan Air

Ternyata seseorang bisa mengalami yang namanya overhidrasi atau keracunan air yang disebar terlalu banyak mengkonsumsi semangka. Overhidrasi ini bisa membuat darah dalam tubuh meningkat jumlahnya  dan mengakibatkan situasi berbahaya seperti cepat lelah, ginjal yang mulai melemah, hingga kaki jadi bengkak.

Akibat mengkonsumsi semangka dalam jumlah banyak ini juga bisa memicu tubuh kehilangan banyak kadar natrium.

Meningkatkan Resiko Diabetes

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi semangka secara berlebihan. ini karena pada semangka memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi jadi bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat. Untuk itu pada penderita diabetes sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ketika memang sangat konsumsi semangka dan berapa saran konsumsi yang diperbolehkan.

Berbahaya Bagi Jantung

Bahaya semangka dingin bagi jantung ketika dikonsumsi terlalu banyak. Tubuh manusia membutuhkan yang namanya zat kalium.  Sementara itu, kandungan kalium pada semangka cukup tinggi.

Namun ketika dimakan terlalu banyak justru semangka bisa merugikan kesehatan anda. Zat kalium yang terlalu banyak dalam tubuh bisa berbahaya bagi jantung. Anda akan merasakan detak jantung yang tidak teratur dan denyut nadi yang semakin melemah.

Meningkatkan Resiko Darah Rendah

Terdapat kandungan asam amino pada semangka yang dinamakan Citrulline. Zat ini ini membantu tubuh mengelola tekanan darah tinggi. Tidak heran mengapa makan semangka disarankan bagi Anda yang sedang mengalami kondisi  tekanan darah tinggi.

Namun semangka cukup berbahaya ketika dikonsumsi terlalu banyak karena bisa memicu tekanan darah rendah. Hipotensi atau darah rendah tentu membahayakan tubuh anda, Jika  anda atau kerabat mengalaminya,  bisa langsung menunju RS Premier Bintaro bagi yang berada di Tangerang dan sekitarnya untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Resiko Peradangan Organ Hati

Bolehkan makan semangka setiap hari? Boleh asal masih dalam porsi yang wajar. Semangka juga berbahaya bagi fungsi organ hati. Mengkonsumsi semangka terus menerus dalam jumlah banyak bersamaan dengan alkohol bisa memicu peradangan organ hati. Hal ini karena ketika alkohol bertemu semangka terdapat kandungan likopen yang tinggi.

Membuat Alergi

Bagi anda yang mengalami alergi ketika makan semangka, juga tidak dianjurkan makan semangka  berlebihan. Ketika muncul gejala seperti pembengkakan, sulit bernapas dan ruam setelah mengkonsumsi semangka maka dipastikan Anda alergi terhadap buah tersebut. Bahkan yang paling parah alergi semangka bisa mengancam nyawa seseorang. Maka sebaiknya ketika anda alergi pada buah ini jangan terlalu berani untuk mengkonsumsinya.

Demikian beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan ketika makan semangka berlebihan. Anda bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya Melalui aplikasi halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang membantu masyarakat menemukan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya. Aplikasi kesehatan ini memberikan informasi yang fakta dan tidak menyesatkan. jadi seorang pasien bisa mendapatkan informasi tentang penyakitnya melalui platform satu ini.

Tidak ada komentar untuk "Makan Semangka Berlebihan? Ini Bahaya yang Mengincar!"